Tol Taba Penanjung-Bengkulu Siap Beroperasi, Lewatnya Cuma Sekali Tapping

Pembangunan Tol Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,60 kilometer (km) telah rampung dan siap dioperasikan. Tol ini merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dengan total panjang 95,8 km.
Dilansir melalui laman BPJT, Senin (17/10/2022), Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu nantinya menjadi harapan baru masyarakat Bengkulu agar ekonomi meningkat lebih baik lagi. Bahkan jalan tol ini menjadi tonggak perekonomian bagi masyarakat pesisir pulau barat di Sumatera baik dari dukungan logistik, barang, maupun jasa.

Tol yang melintasi Sumatera Selatan menuju ke Bumi Raflesia merupakan salah satu bagian dari ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera yang akan tersambung dari Lampung hingga Aceh.

Kehadiran Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu juga akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, dimana nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Untuk kedua seksi lainnya dari Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yakni Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang (54,5 km) dan Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung (23,7 km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu akan memberlakukan sistem one gate, yakni dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di Betungan.

Selain itu, pemanfaatan tol ini dapat digunakan secara optimal yakni meningkatkan konektivitas pariwisata yang akan berkunjung ke Bengkulu.