Harga BBM Turun di AS, Sebulan Bisa Irit Hampir Rp1,5 Juta

Harga BBM atau bensin di AS turun dalam 67 hari terakhir, yakni dari US$5,02 per galon menjadi US$3,92 per galon.
Rata-rata penurunan harga bensin itu mencapai US$1,10 per galon atau 22 persen sejak 14 Juni 2022 lalu.

Penurunan harga bensin seolah menjadi stimulus bagi masyarakat setempat di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi AS akibat lonjakan inflasi, dan kebijakan moneter ketat bank sentral AS, The Fed. Menurut catatan, rumah tangga AS yang umumnya menggunakan 90 galon bensin dalam sebulan, berarti sudah menghemat konsumsi BBM US$98,82 dalam sebulan. Penghematan itu setara Rp1,5 juta.

Dampak penghematan tersebut diyakini akan mendorong roda perekonomian AS karena harga barang-barang konsumen menjadi lebih stabil atau cenderung turun. Konsumen pun dipercaya belanja lebih banyak untuk makanan dan gas, termasuk barang-barang ritel.

Kepala Ekonom Moody’s Analytics Mark Zandi mengungkapkan penurunan harga bensin mampu menghemat pengeluaran rumah tangga AS hingga US$10 miliar per bulan atau US$125 miliar per tahun. Nilainya sama dengan 0,5 persen Produk Domestik Bruto (PDB) AS.

“Itu keuntungan langsungnya. Ada pula keuntungan tidak langsung, seperti penurunan biaya transportasi untuk semua barang, termasuk juga makanan,” imbuhnya dilansir CNN Business, Minggu (21/8). Penurunan harga bensin, sambung Zandi, memainkan peran utama dalam kehidupan masyarakat yang akan mempengaruhi kepercayaan diri mereka terhadap kegiatan ekonomi.

Walaupun kondisi tersebut di atas tidak menghilangkan kemungkinan ekonomi AS jatuh ke lubang resesi pada tahun depan. Hanya saja, resesi yang diperkirakan bisa berlangsung hingga 18 bulan lamanya bisa menjadi lebih singkat atau sekitar 6-9 bulan.

Eksekutif di jaringan ritel raksasa AS, Walmart dan Target, optimis penurunan harga bensin akan meningkatkan permintaan konsumen terhadap barang-barang ‘kurang penting’. Hal itu diungkap dalam pertemuan dengan ivnestor.

“Jika Anda memberi tahu kami harga bahan bakar akan terus turun dan inflasi makanan akan moderat, maka itu bakal mempengaruhi cara kami berpikir untuk inventaris barang dagangan umum,” kata CEO Walmart Doug McMillion. Kepala Analisis Energi Global untuk OPIS Tom Kloza, yang melacak harga bensin untuk AAA, menyebut harga BBM lebih murah saat ini sangat mudah ditemukan.

Di California yang harganya sempat US$5,33 per galon sudah turun lebih dari US$1 per galon.

Bahkan, saat ini, harga rata-rata bensin US$3,76 per galon di banyak negara bagian.